Pangil_aku_Andi

Don't Give Up in Life …

Konsep dasar pemrograman


KONSEP DASAR PEMROGRAMAN

Program:
Merupakan himpunan atau kumpulan instruksi tertulis yang dibuat oleh programer atau suatu bagian executable dari suatu software.
.Pemrograman :
Suatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan  sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengertioleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.

Tahap-tahap Algoritma dan Pemgrograman Mulai

APAKAH PEMROGRAMAN
.Seperti suatu bahasa manusia,sebuah bahasa pemrogaman menyediakan suatu cara untuk mengungkapkan suatu konsep. Pengembangan program mencakup pembuatan model-model keadaan sebenarnya dalam dunia nyata dan membuat program computer berdasarkan model ini.
.Program computer menjelaskan metode untuk mengimplementasikan suatu model.Bahasa pemrograman juga mempunyai sintaks (syntax) dan grammar seperti bahasa manusia. Pengetahuan tentang grammar suatu bahasa pemrograman tidaklah cukup untuk membuat program yang baik.
 
Apakah Pemrograman?

  • Seperti suatu bahasa manusia, sebuah bahasa pemrogaman menyediakan suatu cara untuk mengungkapkan suatu konsep.
  • Pengetahuan tentang Teknik perancangan program lebih penting dari pada pengertian tentang detail dari bahasa pemrograman.
  • Dalam belajar bahasa C tidak hanya belajar sintaks baru yang akan digunakan, tetapi belajar cara yang lebih baik dalam mengembangkan sistem.
  • Abstraction Modelling Compute Solution space Implementation Real world Problem Space Programming Language Programmer
    Ukuran Kualitas Program

    • Sebuah program harus dapat mengerjakan tugasnya dengan benar.
    • Dapat melakukan tugasnya secara cepat.
    • Tidak menggunakan banyak sumberdaya(processor time, memory, disk capasity, network capacity).
    • Program mudah dibaca dan dimengerti.
    • Proses pembuatan program selesai tepat waktu.
    • Adanya kesalahan tidak mempengaruhi bagian program (error locality).
    • Mudah pemeliharaannya.
    • Sebuah program harus independent dan tidak bergantung pada program lain.
    • Mempunyai dokumentasi yang baik.

    STRUKTUR PEMROGRAMAN DENGAN C

    .C adalah salah satu bahasa pemrograman yang terstruktur.Bahasa C terdiri dari fungsi-fungsi. Tidak ada perbedaanan tarap rosedur dengan fungsi. Setiap program C mempunyai satu fungsi dengan nama “main” (program utama).
    .Program akan dieksekusi dimulai dari statement pertama pada fungsi “main” tersebut. .Huruf besar dengan huruf kecil diartikan berbeda (case-sensitive). Setiap perintah (statement) diakhiri dengan semi-colon (titik koma(;)).

    • Bagian Pendeklarasian

    Bagian deklarasi merupakan bagian program untuk mendefinisikan tipe data suatu variable, konstanta, serta fungsi dan prosedur yang akan digunakanpada program.

    • Bagian Statement

    Bagian statement merupakan bagian program yang berisi perintah yang akan dieksekusi / dijalankan.
     
    Struktur C/C++

     
    Struktur Bahasa C
     

    • Format penulisan fungsi secara umum:

    #include<header_file>
    deklarasi global variabel;
    return_type function_name(parameter)
    {
    deklarasi lokal_variabel;
    statements;
    return (value);
    }

    • Fungsi bias diletakkan di atas atau di bawah fungsi “main”.
    • Fungsi yang tidak mengembalikan nilai tipe-nya (return-type) adalah “void”.
    • Format penulisan fungsi yang tidak mengembalikan nilai:

    voidfunction_name (parameter_list)
    {
    deklarasi lokal_variabel;
    statements;
    }

    • Contoh Program C:

    1 /* Prog_1.C–Menampilkan“Hello World !” di monitor */
    2 #include<stdio.h>
    3 void main()
    4 {
    5 printf ( “Hello World !”);
    6 }

    • Apabila program tersebut di atas dikompilasi dan dijalankan akan menghasilkan ampilan di monitor sbb:

    Hello World !

     

    Keterangan program:

    • Penomoran di depan setiap baris program C sebenarnya tidak ada, ini hanya membantu keterangan.
    • Baris1: /* Prog_1.C–Menampilkan “Hello World !” di monitor */ -merupakan komentar, yang digunakan agar program lebih mudah dibaca dan dimengerti. Komentar tidak ikut dikompilasi. Setiap komentar diapit oleh tanda /* dan */
    • Baris2: #include <stdio.h> –memasukkan header file yang mempunyai nama stdio.h, dimana dalam header file tersebu terdapat perintah printf(),yang digunakan untuk menampilkan semuak onstanta string yang diapit oleh tanda“ dan“. Dalam program ini menampilkan kalimat: Hello World !.
    • Baris3: void main()–mendeklarasikan fungsi utama tanpa mengembalikan nilai karena tipe fungsinya void.
    • Baris4: { -menyatakan awal kumpulan perintah dari fungsi utama.
    • Baris5: printf( “Hello World !”); -perintah yang digunakan menampilkan kalimat: Hello World ! di monitor.
    • Baris6: } –mennyatakan akhir kumpulan perintah dari fungsi utama.

     

    ELEMEN DASAR PEMROGRAMAN

    • Pengenal (variabel) dan Tipe Data
    • Konstanta
    • Operator
    • Statement Input dan Output (I/O)

     
    PENGENAL dan TIPE DATA
     
    PENGENAL
    Pengenal (identifier) merupakan nama yang biasa digunakan untuk suatu perubah (variable), konstanta, fungsi, atau obyek lain yang didefinisikan oleh pemrogram. Aturan yang berlaku bagi suatu pengenal secara umum adalah:

    1. Pengenal harus diawali dengan huruf (A .. Z, a .. z)
    2. Dapat berupa huruf, angka (0 .. 9) dan karakter garis bawah(_)
    3. Tidak boleh menggunakan Spasi
    4. Panjang pengenal boleh terdiri lebih dari 32 karakter, akan tetapihanya 32 karakter pertama yang dianggap berarti.
    5. Case sensitive atau non Case sensitive tergantung bahasa pemrogramannya.

    Misal C dan C++ adalah case sentitive.

    • Contoh :
    • Jumlah
    • X, y, z
    • Rata_rata
    • Jumlah1, jumlah2

    DATA:
    Bahan mentah yang akan diolah menjadi informasi sehingga dapat dipergunakan oleh user atau pemakai.

    Tipedata yang biasadigunakanadalah:

    1. TipeData Dasar: merupakan tipe data primitive yang tidak terstruktur yang didefinisikan oleh bahasa pemrograman.

    Tipe data dasar dibagi menjadi lima bagian yaitu:

    a. TipeData Numerik: disetiap bahasa pemrograman dapat dipastikan ada tipe data numeric yaitu menyimpan data berupa angka.
    –        Integer : merupakan bilangan bulat positif dan negative
    –        Subrange: merupakan sebuah sub type dari tipe data integer dan terdiri dari urutan nilai-nilai integer dalam range yang tebatas.
    –        Floating-point Real : biasa disingkat dan disebut tipe data real.
    –        Fixed-point Real: Bilangan fixwd-pont direpresentasikan dengan urutan digit yang mempunyai panjang tetap dengan titik decimal diposisikan ditempat yang diberikan antara dua digit.
    –        Lain-lain: Tipedata lainnya adalah  bilangan kompleks dan bilangan rational.
    b. Enumerasi: adalah suatu urutan list dari nilai-nilai yang berbeda.
    c. Boolean: tipe data untuk merepresentasikan True atau False.
    d. Character: tipedata untuk menyimpan rangkaian karakter.
    e. internationalization : disebut I18N
    2. Tipe Data Terstruktur: merupakan tipe data campuran dari berbagai tipe data dasar, contohnya array, record, string, list dan file.
    3. Tipe Data didefinisikan oleh Pemakai: tipe data ini biasanya disebut Enumerasi.
    4. Tipe Data Penunjuk: contoh tipe data penunjuk adalah pointer.
     
    MODEL KOMPUTASI
     
    Model Komputasi: adalah suatu kumpulan dari nilai dan operasi-operasi.
    Ada 3 dasa rmodel komputasi:

    1. Model Fungsional Model perhitungan yang fungsional terdiri dari satu set nilai-nilai, fungsi dan operasi aplikasi, fungsi dan komposisi fungsi.
    2. Model Logika Logika model perhitungan terdiri dari suatu set nilai-nilai, definisi hubungan dan kesimpulan logis.
    3 Model Imperative Model perhitungan yang imperative terdiri dari satu set nilai-nilai yang mencakup suatu status dan operasi tugas-tugas untuk memodifikasi status tersebut.
     
    DEFINISI SINTAKS, SEMANTIK DAN PRAGMATIS

    SINTAKS:
    Aturan gramatika l / komposisi suatu program yang mengatur tata cara penulisan huruf, angka dan karakter lain.
    Contoh: Pada pembuatan program Pascal antara2 statement dipisahkan oleh; (titikkoma)
    X:=1; X:=X+1;

    SEMANTIK:
    Mendefinisikan arti dari program yang benar secara sintaks dari bahasa pemrograman tersebut.
    Contoh: Pada pembuatan program Cintvector[10]
    Arti semantiknya akan menyebabkan ruang sebanyak 10

    PRAGMATIS:
    Menguraikan derajat tingkat sukses dengan suatu bahasa pemrograman kepada model perhitungan dalam kegunaannya untuk paraprogramer.
    Prinsip-prinsip Desain Bahasa Pemrograman

    a. Clarity, Simplicity danUnity
    Bahasa pemrograman harus dapat menolong programmer untuk membuat suatu desain program jauh sebelum programmer melakukan coding. Kemudahan, kesederhanaan dan kesatuan merupakan suatu kombinasi yang membantu programmer mengembangkan suatu algoritma sehingga algoritma yang dihasilkan mempunyai kompleksitas yang rendah.
    b. Orthogonality
    Orthogonality menunjuk kepada suatu atribut yang dapat dikombinasikan dengan beragam fitur bahasa pemrograman sehingga setiap kombinasinya mempunyai arti dan dapat digunakan.
    c. Kewajaran untuk Aplikasi
    Bahasa pemrograman membutuhkan syntax yang tepat / cocok yang digunakan pada struktur program untuk merefleksikan struktur logika yang melandasi suatu algoritma.
    d. Mendukung Abstraksi
    Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programmer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi. Kemudian abstraksi tersebut dapat dengan mudah di implementasikan menggunakan fitur-fitur yang ada dalam bahasa pemrograman.
    e. Kemudahan untuk Verifikasi Program
    Verifikasi program merupakan hal penting bagi sebuah program karena dengan verifikasi yang mudah maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan.
    f. Lingkungan Pemrograman
    Bahasa pemrograman yang mempunyai lingkungan pemrograman yang baik dan lengkap akan memudahkan programmer untuk mengimplementasikan abstraksi yang sudah disusunnya.
    g. Portabilitas Program
    Salah satu kriteria penting untuk proyek pemrograman adalah kemudahan program yang sudah jadi untuk dipindah-pindahkan dari computer yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan kekomputer lain yang akan menggunakannya.
    h. Biaya Penggunaan
    Biaya merupakan elemen penting dalam mengevaluasi suatu bahasa pemrograman.
    Ada beberapa biaya yang dapat diukur yaitu:
    1. Biaya Eksekus iProgram
    2. Biaya Translasi / kompilasi Program
    3. Biaya Penciptaan, Testing dan Penggunaan Program
    4. Biaya Pemeliharaan Program

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: